ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA ZOOM CLOUD MEETING MENGGUNAKAN BIG DATA
Aplikasi zoom cloud meetings yang mulai booming digunakan sekarang ini
karena adanya pandemi covid-19, sehingga membuat semua kegiatan dilakukan secara
virtual. Zoom cloud meetings merupakan aplikasi yang memiliki berbagai fitur
termasuk video & audio conference. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode
Na?ve Bayes dalam menganalisa label sentimen positif dan negatif pada para pengguna
aplikasi zoom di Twitter. Jumlah dataset setelah prepocessing sebanyak 1.000 data.
Data hampir seimbang dengan label sentimen positif berbahasa indonesia sebanyak
583 dan sentimen positif berbahasa inggris sebanyak 194 dan label sentimen negatif
berbahasa indonesia sebanyak 134 dan sentimen negatif berbahasa inggris sebanyak 89
data.Evaluasi model menggunakan confusion matrix diperoleh nilai akurasi dan nilai
dari algoritma Na?ve Bayes menggunakan data latih = 80% dan data uji = 20%
menghasilkan nilai akurasi = 70%.
Detail Information
Citation